olahan nasi

Nasi Bakar Teri – Olahan Nasi yang Lezat

Nasi bakar ialah salah satu olahan nasi yang bisa di kreasikan dengan bahan-bahan di dapur rumah. Selain mudah dan murah, resep makanan yang satu ini mudah dicari google. Lezatnya nasi yang dibakar dengan suwiran daging ayam ataupun teri mampu menggugah selera makan. Sesuai dengan namanya, nasi bakar adalah nasi putih yang dibakar dengan bumbu. Nasi yang ditanak dengan bumbu akan terasa nikmat dan enak. Apalagi aroma bekas pembakarannya, hmm semakin bikin ketagihan. Jangankan pedagang kaki lima, sekarang banyak sekali restoran pun rumah makan menggunakan nasi bakae sebagai menu andalan.

Nasi bakar menjadi salah satu olahan nasi yang paling diincar di restoran. Nasi bakar memiliki rasa dan aroma yang khas karena hidangan ini dibungkus dengan daun pisang. Bahan isiannya pun bisa disesuaikan dengan kesukaan kita. Untuk penggemar seafood, nasi bakar udang atau nasi bakar cumi bisa jadi rekomendasi makan siang kalian. Atau lebih suka daging? Tenang, ada juga kok nasi bakar daging sapi dan daging ayam. Atau lebih suka ikan? Ada nasi bakar ikan tuna atau salmon juga, bebas. Nasi bakar bisa dikreasikan sesuka hati.

Wah sudah ngiler ya? Yaudah deh, ini ada resep nasi bakar teri. Olahan nasi bakar teri ini menggunakan medan. Supaya lebih terasa saja terinya. Teri ini bisa diganti sesuai dengan kreasi kalian ya.

Coba deh langsung aja praktek resep Nasi Bakar Teri di bawah ini:

Bahan Nasi Bakar:

beras (600 gr atau lebih)

santan kental (200 ml)

air (5cups atau lebih tergantung dari beras)

batang sereh (2 saja, di geprek)

lengkuas (2 ruas, di geprek)

daun salam (3 lembar)

Baca Juga :  Olahan Tepung Kanji: Resep Cimol

daun jeruk (3 lembar)

daun pandan (2 lembar)

bawang merah (3 siung, haluskan)

bawang putih (3 siung, haluskan)

garam (secukupnya)

Bahan A:

daging ayam fillet (500gr)

bawang merah (3 siung, di rajang kasar)

bawang putih (3 siung, di rajang kasar)

bubuk kari (1 sdm)

merica (secukupnya)

Bahan B:

teri medan (100gr)

daun kemangi (kalau ada)

cabai rawit merah (6 buah diiris)

garam (secukupnya

Cara membuat nasi bakar teri:

  1. Masukkan semua bahan nasi bakar ke dalam rice cooker tunggu hingga matang.
  2. sambil menunggu kita olah bahan A. Potong ayam berbentuk dadu kemudian ayam tadi dicampur dengan 1 sdm bubuk kari, garam, merica, biarkan dalam lemari es minimal 1 jam.
  3. Goreng ayam sebentar saja dengan keadaan minyak yang sudah panas sampai agak kekuningan. Angkat, tiriskan.
  4. setelah itu, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, barulah masukkan ayam dan garam merica secukupnya, angkat dan sisihkan dahulu.
  5. step selanjutnya ialah menumis cabai sampai harum, tambahkan garam, angkat dan sisihkan lagi.
  6. Tumis teri hingga kecoklatan
  7. kemangi yang sudah dicuci bisa ditiriskan dahulu, Setelah semua bahan pelengkap siap, selanjutnya cuci dan lap bersih daun pisang, kita akan mulai membungkus nasi bakar
  8. Ambil daun pisang dan taruh nasi diatasnya. Nasi ditata rapi beserta aneka bahan pelengkap (ayam, teri, dan daun kemangi) di atas daun pisang.
  9. Jangan lupa setelah itu nasi digulung rapi, sambil nasi dipadatkan, siapkan alat untuk membakar. Nasi yang sudah terbungkus daun pisang kemudian sematkan tusuk gigi di kedua ujungnya.
  10. Bakar nasi pada suhu 175 derajat selama 15 menit. Taraaaa olahan nasi bakar Teri siap untuk dihidangkan,
Baca Juga :  4 Resep Kue Bolu Istimewa Untuk Anda

Jangan lupa nasi bakar teri paling enak dimakan pas masih panas. Untuk mengetahui tipsnasi bakar teri silakan baca di sini

About the author