resep makanan khas bandung

Coba Resep Makanan Khas Bandung Dijamin Ketagihan

Anda sudah pasti tahu dong dengan jajanan cireng? Siapa sih yang tidak suka dengam cemilan satu ini? Teksturnya yang crunchy di luar dan kenyal di dalam membuat semua orang yang memakannya mendapatkan sensasi yang berbeda. Tapi, apakah Anda tahu bahan dasarnya terbuat dari apa? Ya, makanan ini menggunakan aci sebagai bahan dasarnya. Buat kalian yang  mengetahui aci ini bisa dibuat untuk cireng saja, salah 100%. Aci ini dapat Anda gunakan untuk membuat cemilan lainnya. Apa sajakah itu? Cilok, cilor, dan cimol. Nah ini semua sistem penamaannya dari singkatan ya, seperti cilok alias aci dicolok, cilor dari aci yang dicampur dengan telur, dan cimol alias aci yang digemol. Digemol? Apa ya maksudnya? Maksudnya adalah aci yang digunakan ini akan dibentuk bulat sebelum digoreng. Makan cimol paling enak saat masih dalam keadaan hangat, apalagi jika cimol dicampur dengan bumbu rasa atau saus sambal.

Cimol sendiri juga memiliki beberapa variasi, diantaranya ada cimol basah, cimol yang digoreng biasa, dan ada yang dicampur dengan telur.Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum pernah mencicipi cemilan ini. Atau mungkin ada juga yang selalu rutin memakan jajanan satu ini dengan membelinya langsung di pedagangnya, wahai pecinta cimol sekalian, kini Anda dapat menghadirkannya di dapur tanpa harus membelinya. Bagaimana caranya? Saatnya Anda membuatnya di dapur kesayangan Anda. Sayang dong ya, sudah punya dapur bagus tapi jarang digunakan untuk berkreasi. Nah, langsung saja simak resep makanan khas Bandung yang enak ini.

Langkahpertama dalam cara pembuatan cimol, Anda harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu, yaitutepung kanji, terigu, bawang putih, kaldu bubuk, garam, daun bawang, airmendidih, dan minyak goreng secukupnya. Anda juga dapat menambahkan tepungberas sebagai bahan. Sebagai pelengkap, kita juga akan membuat sambal kacanguntuk menemani cimol kita nanti. Anda perlu menyiapkan kacang tanah, cabe merahbesar, cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, merica bubuk, garam,gula pasir, gula merah, dan minyak goreng secukupnya. Jangan lupa untukmenghaluskan semua bahan terlebih dahulu dan kemudian campur semuanya,tambahkan minyak sedikit, aduk hingga rata.

Baca Juga :  Olahan Kulit Lumpia: Resep Kroket

Untuk langkah pertama dalam membuatnya, masukkan terigu, tepung kanji, daun bawang, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan kaldu ayam bubuk ke dalam wadah tertentu dan aduk keseluruhan hingga merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk, dan diamkan adonan terlebih dahulu agar mengembang sekitar setengah jam. Jika adonan yang Anda buat sudah mengembang, kini sudah bisa dibentuk bulat-bulat ya, ukuran dapat menyesuaikan keinginan masing-masing. Setelah dibentuk, masukkan cimol dalam minyak dingin, baru kemudian dipanaskan dengan api kecil saja. Saat menggoreng, sebaiknya Anda berhati-hati karena cimol dapat meledak atau meletus. Inilah fungsi dari mencelupkan cimol pada minyak dingin terlebih dahulu yang kemudian baru digoreng dalam minyak yang sudah dipanaskan. Jika Anda sudah selesai menggoreng keseluruhan cimol, maka cimol sudah siap untuk disajikan. Siapkan piring penyajian, letakkan cimol dan jangan lupa untuk menyiramnya dengan sambal kacang yang tadi sudah Anda buat.

Mudah sekali bukan pembuatannya? Untuk Anda yang masih pemula juga dapat mengikuti resep di atas. Dan bagi Anda yang memang sudah jatuh cinta dengan cemilan ini, tidak ada salahnya untuk mengikuti resep makanan khas Bandung di atas.

About the author